Jurnal

 

Jurnal Komputasi

Dalam rangka menyediakan wahana publikasi dan meningkatkan motivasi penelitian di kalangan pengajar dan mahasiswa, maka pada awal tahun 2003 Jurusan Ilmu Komputer menerbitkan Jurnal “Komputasi”, Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika. Jurnal ilmiah tersebut terbit setiap 6 (enam) bulan, dan direncanakan pada awal tahun 2007 akan diajukan proses akreditasinya.

Beberapa jurnal yang telah dipublikasi:

Vol. 1, No.1, Januari 2004

RANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PROGRAM UNTUK MENGUKUR KINERJA KOMPUTER KLIEN MENGGUNAKAN TERMINAL SERVICES
(Sri Setyaningsih, Foni A S, Victor)

                Terminal service merupakan salah satu fasilitas yang terdapat pada sistem operasi windows 2000 server. Fasilitas ini menyediakan akses jarak jauh ke server melalui perangkat lunak pada klien sebagai emulator. Terminal services hanya memindahkan antar muka program pada server ke computer klien. Pengujian untuk mengukur kinerja komputer klien dengan menggunakan terminal services terdiri dari empat buah pengujian yaitu penjumlahan bilangan acak,pengurutan data,membaca file teks per karakter dan menulis file teks per karakter. Dari penelitian ini, diharapkan pengguna dapat memprediksikan peningkatan kinerja pada komputer klien yang menggunakan terminal services.

THE USE OF GPS TECHNOLOGY IN INDONESIA AND ITS IMPROVEMENT POSILIBILITIES
(Soewarto Hardhienata)

                Application of GPS ( Global Positioning System) technology for various needs, such as for surveying, mapping, fleet management,etc. in current time has a significant increase. The increasecan be seen from the increment of GPS-receiver purchasing bythe users and form many seminar events about the GPS technology and its application. This paper describes the status of GPS applications in Indonesia and its improvement possibilities in the future.

 ANALISIS HUBUNGAN ANTAR WILAYAH DENGAN PENDEKATAN MODEL GRAVITASI
(Dadang A, Samsu A, Sakka, Wahyudi H)

                Studi ini membahasanalisis hubungan antar wilayah kota makasar, kabupaten Gowa dan kabupaten maros menggunakan metode gravitasi, yang dapat digunakan untuk kepentingan perencanaan pembangunan ketiga daerah tersebut di masa depan. Metode Gravitasi dalam studi ini merupakan hasil modifikasi metode gravitasi antar massa pada perumusan fisika. Modifikasi tersebut menurunkan perumusan interaksi ekonomi, titik henti perdagangan dan gravitasi dagang kecil yang digunakan untuk melihat kecenderungan interaksi antar wilayah.

KAJIAN PENGGUNA DATA LANDSAT MULTISPEKTRAL UNTUK MENGKLASIFIKASI HUTAN TROPIKA DARATAN RENDAH
(Hildanus, Upik R, M. Buce Saleh)

                Penelitian yang bertujuan untuk menetukan kombinasi pita spectral Landsat Multispektral yang terbaik dalam mengklasifikasikan penutupan dan penggunaan hutan tropika dataran rendah.
Dataset Landsat pita 1-2-4-5-7 merupakan dataset terbaik diantara semua dataset yang dapat dibuat dari 6 pita spectral Landsat Multispektral Optik, dengan Transformasi divergensi rata-rata, transformasi divergensi minimum, overall Accuracy, dan Kappa Acurracy berturut-turut 1986, 1894, 96,37 %, dan 95,72 %. Dataset Landsat pita 2-4-5 terbaik diantara dataset landsat kombinasi 3 pita spectral, dengan transformasi divergensi rata-rata, transformasi divergensi minimum, overall Accuracy, dan Kappa Acurracy berturut-turut 1986, 1867, 94,56 %, dan 93,59 %.

PRILIMINARY DESAIN REVIEW SUBSISTEM KOMUNIKASI INASAT-1 KERJASAMA LAPAN_PT.DI
(Minto Suwarjo)

                Inasat-1 adalat satelit Nano dengan massa 10 kg berbentuk Hexagon. Satelit ini dirancang untuk misi eksperimen telemetri tanpa komando dari ground segment yang ditempatkan pada ketinggian 725km.
Terdapat 2 konfigurasi utama pada inasat-1, yaitu konfigurasi system perengkat keras dan konfigurasi subsistem komunikasi. Link budget digunakan untuk mengetahui kelayakan perencanaan system yang akan dicapai.

 

Vol. 1, No.2, Juli 2004

 

Vol. 2, No.3, Januari 2005

PROBLEMS IN GENETIC FUNCTION APPROXIMATOR DESIGN
(Irman Hermadi)

                The function uproqximation in one of the major concerns in science, engineering, statistics, as well as in social-economics studies. Given a sequence of pairs of data, then trying to find out the relation between them in the term of formals mathematical function approximator. The existing approaches are using statistical regression, neural networks and fuzzy sets, evolutionary computation, and genetic algorithms (GAs) . in [ AHM97] reported that GA-based universal function approximator out perfomed the first three methods that follow in approximator using GA not to be well fitted enough, because as far  as our corcerns there are still some drawbacks: permutation-problem and fixed vs. variable-length chromosome. Our works are to observe these limitations and to search the solution, which might have done by others in similar manner, that may be able to inprove the performance. Unfortunataly, as far as our knowlagde, none has worked on the enhancement of the chromosome representation, which is our expectation.

ANALISIS PROSES MANIPULASI DATA IMAGE VISIBLE DAN NON VISIBLE PADA DATABASE PLATFORM
(Soewarto Hardhienata, Iyan Mulyana, Ai Sunarti)

                Dengan Banyaknya program pengembangan database yang diproduksi. Berdampak pada tersedianya database dengan format dan platform yang berbeda. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari ektensi yang digunakan untuk masing-maing datavase. Misalnya untuk produk database MS.Acces menggunakan ekstensi MDB sedangkan MS.Visual Foxpro menggunakan ekstensi DBF.

PERBEDAAN LAIN DAPAT DILIHAT DARI BEBERAPA TIPE DATA SUATU ATRIBUT ATAU FIELD YANG DISEDIAKAN. PERBEDAAN TERSEBUT SAS/IML
(Fitria Virgantari)

                SAS/IML (Interactive Matrix Languange) dapat digunakan untuk membuat program menyelesaikan suatu model peluang binomial dengan fungsi

P(X=x) =      ; x = 0,1,2, …, n ; sedangkan = .  =  

            Dalam hal in n adalah banyaknya ulangan, x adalah nilai peubah acak, sadangkan p adalah peluang ‘berhasil’ dari suatu percobaan yang hanya dapat digolongkan dalam ‘berhasil’ dan ‘tidak’. Pemprograman dengan SAS/IML dilakukan dengan pembuatan modul-modul, kemudian memasukan nilai n, x dan p.

RESTRUKRISASI JARINGAN KOMPUTER DALAM TIGA BIDANG USAHA YANG BERBEDA DI SUATU PERUSAHAAN
(Sri Setyaningsih, Siti Rohajawati, Y.Sigit P W.P.)

                Sebuah perusahaan yang memiliki beberapa bidang usaha yang berbeda seringkali mengalami masalah terkait dengan jaringan computer yang menintegrasikan bidang-bidang usaha tersebut baik dalam hal strukturisasi maupun keamanannya. Hal ini harus sungguh-sungguh dipertimbangkan sehingga perusahaan tidak mengalami kerugian dan hasil yang dicapai oleh perusahaan dapat optimal. Solusi dengan memperhatikan berbagai aspek-aspek teknologi jaringan computer dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahan ini sehingga konektivitas dan kualitas jaringan yang digunakan menjadi lebih baik.

RANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN STATUS GIJI DENGAN ANTROPOMETRI GIJI
(Abdul Rachman, Herfina, Indri Lusiana)

            Penilaian status gizi di rumah sakit pada umumnya menggunakan pengukuran Antropometri yang merupakan pengukuran secara fisik pada dimensi tubuh manusia dengan parameter berat badan dan tinggi badan. Antropometri memiliki Indeks BB/U (berat badan berdasarkan umur), TB/U (tinggi badan berdasarkan umur), BB/TB (berat badan berdasarkan tinggi badan) sebagai perhitungan penilaian status gizi. Penilaian antropometri ditentukan statu gizi berdasarkan perhitungan yang telah ditetapkan WHO (World Health Organization). Melalui system penunjang keputusan penilaian status gizi pasien dapat dilakukan dengan mudah dan efisien.

PROSES PENGAJUAN HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL BAGI DUNIA KOMPUTER
(Lita Karlitasari, Tuti Murtisari)

            Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) merupakan bentuk penghargaan hasil karya kreatifitas (invensi) berdasarkan intelektualitas seorang pelaku HaKI (inventor, pencipta, pendesain, dan lain sabagainya). HaKI juga dapat Merupakan sesuatuyang given dan inheren dalam dunia pendidikan ilmu computer keberadaannya senantiasa mengikuti dinamika perkembangan masyarakat. Secara umum HaKI dapat terbagi dalam dua katagori yaitu: Hak Cipta dan Hak Kekayaan Industri. Sedangkan Hak Kekayaan Industri yang benyak menampung invensi dalm dunia computer meliputi Paten, Merek, Desain Industri (DI), dan Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu (DTLST). Suatu system informasi yang erat kaitannya dengan teknologi informasi, tidak menutup kemungkinan menjadi sebuah system informasi bisnis, baik dalam pembuatan sentra HaKI, Pengurusan HaKI, maupun komersialisasi invensi. Kepengurusan HaKI melaui peranan Sentra HaKI pun menjadi sesuatu yang layak untuk diperhatikan,karena pelaku Haki akan banyak mendapatkan kemudahan dalam proses pengajuan permohonan HaKI tersebut. Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah proses  pemasaran bagi invensi, baik oleh pelaku HaKI sendiri maupun pemberian lisensi kepada pihak lain.

 

Vol. 2, No. 4, Juli 2005

RANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PROGRAM APLIKASI NON NUMERIK PREFERENSI FUZZY SEBAGAI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6.0
( Sri Setyaningsih, Eneng Tita, Ari Bariah )

Salah satu metode pengambbilan keputusan fuzzyfikasi yang mempunyai nilai tak pasti antara 0 dan 1 (nilai samar/fuzzy) untuk GDM adalah metode Non Numerik Preferensi Fuzzy (NNPF). Proses fuzzyfikasi NNPF secara manual, mengalami proses penghitungan relatif rumit, membutuhkan waktu lama untuk memperoleh keputusan dan tidak menutup kemungkinan terjadi kesalahan dalam proses tersebut. Inti dari pembahasan penelitian ini adalah merancang dan mengimplementasikan program aplikasi NNPF (FuzzySoft), menganalisis waktu fuzzyfikasi, validasi dan menbandingkan keputusan yang dihasilkan program dengan keputusan yang dihasilkan oleh contoh kasus (Metode NNPF dalam sortasi mutu kentang untuk produk komsumsi) menggunakan bahasa pemograman Microsoft Visual Basic 6.0dengan tampilan visual dan interaktif sehingga pengguna merasa nyaman dan mudah menggunakannya serta menambah referensi program aplikasi berbasis system pendukung keputusan. Metode yang digunakan adalah metode System Development Life Cycle (SDLC) terdiri dari 3 (tiga) fase, yaitu: fase analisis, perancangan dan pengembangan.

PERBANDINGAN METODE IDENTIFIKASI CITRA IRIS MATA UNTUK SEKURITI
(Suyatno Budiharjo)

Salah satu system sekuriti yang berkembang saat ini adalah system sekuriti berbasis pengolahan citra. Biometrik merupakan pengembangan dari metode dasar identifikasi personal yang menggunakan karakteristik alami manusia sebagai basisnya. Setiap iris memiliki tekstur amat detail dan unik, bahkan berbeda antara mata kanan dan kirinya. Iris mata juga tidak dapat diubah serta stabil selama berpuluh puluh tahun, sehingga dapat digunakan dalam system identifikasi. Dalam penelitian ini, algoritma yang digunakan untuk ektraksi ciri tekstur citra iris mata adalah filter Wafelet Gabor dan untuk klasifikasi cirri dari tekstur iris mata dibandingkan antara Lgika Fuzzy & Jaringan Syaraf Tiruan (JST). Hasil pengujian dengan system ini memberikan tingkat keakuratan sistem identifikasi iris mata yang cukup tinggi dengan Metode Logika Fuzzy untuk threshold dalam orde 1.0e-04 memberikan rata-rata False Acceptance Rate, FAR = 1.3158 % dan rata-rata False Rejection Rate, FRR adalah 1.9737 % dan tingkat pengenalan = 98.026 % 98.6842 % serta running time = 4.056 8.943 detik sedangkan dengan metode JST FAR = 1,33 % dan rata rata FRR =2,33 %, tingkat pengenalan = 96,33 %, running time = 8.6 9. 96 detik.

ANALISIS TABEL INPUT OUTPUT DALAM MENENTUKAN SEKTOR ANDALAN DI PRVINSI DKI JAKARTA
( Hagni Wijayanti, Margo Yuwono, Budhi )

Tabel Input-Output merupakan uraian statistik dalam bentuk matriks yang menyajikan informasi tentang transaksi barang dan jasa serta saling keterkaitan antar satuan kegiatan ekonomi (sektor) dalam suatu wilayah pada periode waktu tertentu. Analisis tabel input output dilakukan dengan menentukan matriks koefisien i8nput domestik dan matriks koefisien penggandaan, serta menghitung indeks daya penyebaran dan indeks derajat kepekaan sebagai ukuran dalam menentukan sektor andalan. Analisis terhadap data sekunder berupa tabel input ouput dari 89 sektor perekonomian pada provinsi DKI Jakarta tahun 2000.

CHANGE DETECTION USING IKONOS IMAGERY
( Asep Denih )

Satellite system can give a non-expensive time series imagery, which uses the same sensor and spectral band consistently. The objective of this research is to explore the capabilities of IKONOS image acquired from different series in mapping and monitoring purpose. The purpose of change detection is monitoring change in earth surface’s objects and phenomena, multi temporal analysis: i.e. deforestation rate , and update spatial information database. It is including image rectification; removal atmospheric effect process, and image calibration. By using the remote sensing technology through the ikonos imagery, it is possible to explore the changes in the earth surface. It can be identified the loss object, new houses, fish pond area, etc., without visiting the real object in the world.

ANALISIS DAN IMPLEMENTASI METODE BOYER  MOORE DALAM PENCARIAN KATA MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6.0
( Soewarto Hardhienata, Prihastuti Harsani, M. Nizamudin Nur )

Algoritma didefinisikan sebagai suatu urutan dari barisan langkah-langkah atau instruksi guna menyelesaikan suatu masalah baik matematis maupun sistematis. Terdapat berbagai macam metode algoritma guna menyelesaikan sebuah masalah pencocokan kata, diantaranya adalah metode Boyer Moore. Metode ini dianggap sangat efisien dalam pencocokan kata dilakukan dengan mencocokan huruf paling kanan dari kata yang dicari pada kalimat atau paragraph. Melalui metode ini proses pencocokan kata dapat dilakukan dengan cepat untuk kata yang panjang ( kata terdiri dari banyak huruf). Dari metode ini dapat dikembangkan untuk melakukan proses pencarian kata. Dalam perancangan dan implementasi program mencocokan kata melalui metode Boyer Moore dipisahkan dalam fungsi yaitu Good Character Shift dan Bad Character Shift. Agar kemampuan pencocokan kata dengan metode ini menjadi pencarian kata ditambahkan fungsi CekValidKata dan Cek KataSama.

RANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM DETERMINASI BAMBU DI PULAU JAWA MENGGUNAKAN MS ACCES
(Abdul Rahman, Arie Qur’ania)

Indonesia merupakan Negara yang di anugrahi kekayaan alam terutama sumberdaya hayati yangt mempunyai potensi untuk kelangsungan hidup manusia, Dari sekian jenis flora dan fauna terdapat tumbuhan bamboo yang mempunyai kegunaan yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Informasi tentang bambu  dapat digunakan sebagai bahan acuan untuk mendeterminasikan (identifikasi) jenis-jenis bambu, bahan untuk mengajar dan belajar dalam bidang biologi taxonomi bambu dan sebagai bahan referensi bagi penelitian yang berkaitan dengan keanekaragaman jenis bambu. Melalui perancangan dan implementasi database tumbuhan bambu di pulau jawa diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran dan informasi yang bermanfaat bagi pengguna yang tertarik terhadap keanekaragaman jenis bamboo di pulau jawa serta memudahkan pengguna dalam mengidentifikasi jenis jenis bamboo berdasarkan kunci determinasi dan bahan referensi bagi penelusuran literature sebagai bahan studi pustaka.  

 

Vol.3,No.5,January 2006

ANALYSIS OF INTERNET BANKING USAGE  IN JAKARTA AND ITS DEVELOPMENT IN THE FUTURE
(Fredi Andria, Neza Hartono)

This research has specific purposes are; to  find out the rate of the usage of internet banking facility per individual in Jakarta, to find out the satisfaction rate of the consumers after  they  use the internet banking, and to find out the names of the bank that commonly  chosen by the consumers of internet banking in Jakarta.

Base on the 8 variables servQual  that have been evaluate by respondents about the internet banking facilities provided by local in Jakarta. It can be conclude that : Tangible and content variable 81,54% the conclusion is “complete”,reliability variable 80% the conclusion is “good”, simplicity or ease to use variable 86,15% the conclusion is “easy to use”, security rate variable 72,31% the result is “secure”, site appearance variable 80% the conclusion is “interesting”, responsiveness  variable 76,92% is “goog”, timeliness variable 66,15% is “up to date”, and continous improvement variables 67,69% is evaluate by respondent “good”.  The biplot analysis resulted a clear and absolute conclusion that all variables used servQual measurement method has close relation with BCA. It means that the internet banking facility thad provide by BCA has getting closer with the expectation of the costumers in Jakarta.

 

PEMANFAATAN DECISION  SUPPORT SYSTEM(DSS)GUNA EFISIENSI BIAYA OPERASIONAL TAGIHAN REKENING AIR.
( Siti Rohajwati,Syafrial)

        Biaya operasionan bagi perusahaan BUMN seperti perusahaan pengelola air bersih(PDAM) berpengaruh terhadap kinerja pelayanan perusahaan,serta umumnya di  bebankan  kepada pelanggan.Jika terjadi penunggakan pembayaran oleh pelanggan perlu di antisipasi secepatnya agar tidak merugikan kedua belah pihak. Oleh sebab itu, di;lakukan perancangan dan penerapan aplikasi yang dapat menginformasikan secepat mungkin terjadi penunggakan  kepada pelanggan. Analisis dilakukan pada efisiensi biaya operasional dengan melakukan komparasi terhadap pemberitahuan tunggakan tagihan secara manual, serta otomatisasi melalui perangkat teknologi informasi. Hasilnya  berupa pilahan terhadap informasi tagihan rekening pelanggan  yang menunggak untuk di kirimkan ke pelanggan  melalui short message service(SMS), informasi ini selanjutnya dapat di tindak lanjuti dengan eksekusi peneguran,serta  pemutusan pelanggan.

ANALISIS PERFONMASI  VIDEO WATERMARKING  DENGAN  MENGGUNAKAN METODE SPREAD SPECTRUM
(Tasdik Darmana)

           Penggunaan Internet secara global dapat mengakibatkan setiap orang dapat memiliki kesempatan mengakses website-website umum maupun pribadi untuk mendapatkan data yang di perlukannya, sehingga ditakutkan adanya kemungkinan duplikasi tidak sah maupun menyalahgunakan kepemilikan copyright. Video watermarking merupakan tehnik untuk menyisipkan sedikit informasi untuk menunjukan kepemilikan , tujuan atau data penting lain pada materi multimedia data video, tanpa mempengaruhi atau sedikit pengaruh pada kualitasnya. Salah satu metode  video watermarking pada domain frekuensi adalah spread spectrum, yang analogi dengan metode spread spectru  pada komunikasi soread spectrum.Penyisipan watermark  dilakukan pada komponen frekuansi rendah dari video pembawa agar keberadaan watermark sulit untuk dideteksi dan bila dilakukan pengubahan untuk menghilangkan watermarknya akan mengurangi kualitas video tersebut.

RANCANGAN DAN IMPLEMENTASI  SISTEM EMULATOR JAM BERBASIS KOMPUTER MENGGUNAKAN ANTARMUKA
(Soewarto Hadienata,IkhwanHadianto,Rahmat Yakti Hadi)

Penggunaan pengaturan system waktu yang masih manual ini mempunyai beberapa kekurangan seperti adanya kesalahan pencatatan  waktu.  Untuk mengatasi kekurangan tersebut dirancang system Emulator jam berbasis computer dengan memanfaatkan antar muka PPI(Proggrammble Peripheral Interface)8255. Digunakannya PPI (Proggrammble Peripheral Interface)8255. (Proggrammble Peripheral Interface)8255 ini adalah karena PPI(Proggrammble Peripheral Interface)8255 dapat deprogram sesuai dengan keinginan serta mempunyai alamat masukan dan keluaran yang dapat disesuaikan alamat antar muka computer itu sendiri dalam pembuatan system ini digunakan slot ISA(Industril Standard Architecture), karena system ini tidak memerlukan kecepatan yang tinggi. Adapun keluaran yang dirancang dari alat ini berupa bunyi bel.

METODE PROTOTYPING  SEBAGAI FRAMEWORK PENGEMBANGAN DAN PENYUSUNAN BLUEPRINT E-GOVERNMENT
(Marsani Asfi,Rinaldi Adam)

     Kebijakan dan strategi npengembangan e-goverment  yang memuat kesamaan pemahaman, keserampakan tindak dan keterpaduan langkah dari seluruh unsure kelembagaan pemerintah dapat dikembangkan dalam suatu blueprint penyusunan dan pengembangan egoverment disusun dengan metodologi  prototyping yang lebih menekan pada pekerjaan yang dilakukan secara linear  dan berulang –ulang dimana requirement yang ada masih bersifat dan tidak rinci.Blueprint eGoverment dapat mencakup lima tahapan dalam penyusunan dan pengembangan nya yaitru Building knowledge,Defining concept ,concept Verification with user,Refining concept dan printing Blueprint.

Pengembangan Aplikasi Lucene search Engine menggunakan metode Text Index
(Iyan mulyana,Kusnadi)

Penggunaan metode Text Index dalam pencarian mempermudah komunikasi pengguna dalam computer dala mencari informasi berupa document maupun teks melalui internet. Pengguna dapat mengekspresikan pencarian tanpa memperhatikan syarat-syarat yang berlaku , sehinnga hasil pencarian lebih cepat dan akurat. Pengembangan aplikasi Lucene search engine yang dikembangkan adalah dengan membuat dokumen dokumen berisikan teks yang dicari yang dimasukan kedalam  web server local(Apache Tomcat).  Kemudian dari web browser (internet explorer) teks yang dicari tersebut diinputkan menjadi query. Hasil pencarian menampilkan dokumen yang berisikan teks yang dicari.

Masalah PengambilanDan Pengiriman Dengan Kendala Waktu
(Fajar Delli Wihartiko)

 Dalam masalah pengambilan dan pengiriman dengan kendala waktu(pick up and delivery problem with time windows/PDPTW), sejumlah rute harus dikonstuksi guna memenuhi semuapermintaan tranportasi (Tranportation request/TR). Permintaan permintaat tranportasi dapat diartikan permintaan suatu pengiraman barang yang harus dibawa secara langsung dari lokasi pengambilan ke lokasi pengiriman. Setiap permintaan tranportasi memilki kendala waktu dan kapasitas suatu kendaraan, kendala waktu dalam PDPTW diartikan sebagai selang waktu untuk menunggu pengambilan atau pengiriman di suatu  tempat. Rute yang harus dikonstruksi harus memenuhi syarat kefisibelan. Setelah semua rute fisibel ditemukan, maka harus dicari bagaimana memenuhi semua permintaan transportasi dengan biaya yang minimum.

 

Vol. 3, No. 6 Juli 2006

Computer  Application Model to Simulate The Land Use Change Scenario
(Asep Denih)

In general, any geographic  phenomena are visually depicted as ‘static’ map with ‘static’ spatial model. This thesis presents how some variable can be combined to give more information to the spatial analysis model and how to implement the  dynamic map and the dynamic spatial model. Conceptually, there are six steps to implement  the dynamic spatial model for  Upper Ciliwung Watershed including data compilation and preparation, data analysis, spatial model development, interfacing, spatial database programming, simulation and verification. Microsoft Visual Basic V.6.0 and Map Object Version 2.1 were used to implement. The application program developed is generally interactive with a few tools and dialog interface. User can flexibly set up different land use change scenarios for knowing the hydrology responses to support the decision maker. The outputs of the dynamic spatial analysis model are: peak runoff rate [m3/s]. runoff volume [m3]. And percentage of each contributing area. This dynamic spatial analysis model is able to determine of contributing area of runoff water by tracking the flow direction of its watershed characteristic from the study area. The result of this dynamic spatial analysis model will be useful to be use for controlling the impact of the land use changes of Upper Ciliwung Watershed.

Masalah Pelangsiran Unit Kereta Penumpang Pada Stasiun Kereta Api
(Dina Lianita Sari)

Pada jam-jam tertentu, dalam suatu stasiun kereta api terdapat kerete api penumpang yang tidak di operasikan untuk mengangkut penumpang. Perusahaan kereta api harus melakukan kegiatan pelangsiran agar kereta api dapat beroperasi dengan baik. Kegiatan pelangsiran ini meliputi pendataan kereta api yang datang ke stasium kereta api menjadi kereta api yang berangkat dari stasiun kereta api, pemarkiran kereta api datangpada rel-rel pelangsiran. Pemeliharaan kereta serta perencanaan pekerja yang akan melakukan kegiatan pelangsiran. Dua proses penting dalam masalah  pelangsiran adalah pendataan unit kereta-api-datang (arriving shunt unit) yang harus diparkir ditempat pelansiran menjadi unit kereta-api-berangkat (departing shunt unit) yang harus diberangkatkan dari tempat pelangsiran, serta pemarkiran unit-unit kereta api pada rel pelangsiran.

Pemodelan dan Optimasi Produksi Flavouring Agent Menggunakan Optsys
(Eneng Tita Tosida)

            Flavoring agent is an important substance in foods industrial, beverage, cosmetics, pharmacy, and woof, in deed the uses of this more expansion to fragrance and airfreshener. The research (Tri-Panji et al..1997) show that using by cocoa sweetening bioconversion, as a grow medium for Trichoderma harzianum, can be produced flavoring agent as well as a complex compound. The flavoring agent production as a result this research needs to be optimized. So that, it is necessary to research about optimization bioconversion system. Which is included ph, mixing speed, and fermentation time management. The research objective is building flavoring agent bioconversion model systems, which is focused to batch system, and to be continued by simulation and optimization system. The system implemented using simulator software GPSS Fortran and OPTSYS (Optimization System), pass through the Comby Strategy.

Rekayasa Perangkat Lunak  Berorientasi Agen Solusi Untuk Keberlangsungan Hidup Perangkat Lunak dan Menjamin Kualitas Perangkat Lunak
(Aradea, Asep Andang)

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi berbasis agen, para peneliti di bidang rekayasa perangkat lunak, telah mengusulkan pendekatan baru dalam upaya melakukan pembangunan perangkat lunak aplikasi, yaitu rekayasa perangkat lunak berorientasi agen (Agen Oriented Software Enginering, AOSE). Pada pembahasan makalah ini telah dikaji dan dianalisis dari paradigma metodologi pengembangan perangkat lunak berbasis agen dengan pendekatan metodologi rekayasasistem multiagen (Multiagent Sistem Engineering, MaSE),  dalam upaya keberlangsungan hidup sebuah perangkat lunak dan untuk menjamin kualitasnya pendekatan ini menawarkan suatu konsep untuk menghindari berakhirnya kehidupan perangkat lunak lebih cepat. Setiap tugas yang ada, didelegasikan kepada agent, yang secara cerdas mengelola pengetahuannya, dan memberikan konstribusi untuk agent lainnya, maka ketika terjadi perubahan pada lingkungan sekitarnya, hanya agent yang terkaitlah yangditambah atau diubah pengetahuan dan kerjanya, tanpa harus mengganggu agent lainnya.

Aplikasi Pengenalan Gambar Menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0
(Prihastuti H, Kiki Noviandi)

Suati citra mengandung beberapa pesan yang sangat sulit sekali untuk diterjemahkan. SWalah satu kesulitan yang dihadapi dalam pengolahan citra ini adalah banyaknya kombinasi warna yang mencapai ± 16 juta kombinasi. Sehingga salah satu cara yang mungkin ditempuh adalah dengan membawa kebentuk dua warna yang hitam dan putih dimana warna ini akan lebih mudah untuk ditransformasikan ke bentuk lain.Metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam aplikasi pengenal gambar adalah dengan metode pencarian Heuristic. Dalam prosesnya metode Heuristic ini melakukan pelacakan gambar, representasi ulang gambar dan pembelajaran terhadap proses yang telah dilakukan serta menarik sebuah kesimpulan denagn berbekal pengetahuan yang didapatkannya. Beberapa proses yang dilakukan dalam aplikasi ini adalh proses deteksi tepi, proses representasi dan proses Pengenalan gambar. Proses-proses ini semua saling terkait guna menghasilkan efisisensi dean kecepatan akses bagi aplikasi dalam menentukan sebuah keputusan.

Analisis Desain Sistem Akuisisi Sensor Rate-Gyro Analog (Model MG100) Untuk Aplikasi Determinasi Attitude Satelit
(Hasan Mayditia)

Sistem determinasi attitude merupakan salah satu bagian penting sari sistem control satelit. Dalam tulisan ini diberikan ulasan tentang aplikasi sensor inersial rate-gyro untuk mengetahui dinamika dari satelit. Analisis desain dilakukan dengan mengolah sinyal analog yang terukur dengan menerapkan pemrosesan sinyal analog, untuk memperbaiki kualitas dari sinyal. Proses konversi sinyal analog menjadi digital dilakukan dengan menggunakan ADC 12- bit dan mikrokontroller AT89C2051. Data digital dikirimkan ke computer dengan komunikasi serial USART menggunakan sistem command atau “request and send”, sehingga computer utama dapat mengakses data MG100 setiap saat  melalui software yang dibuat dengan Visual Basic 6.0. Tampilan berupa grafik dua dan tiga dimensi memanfaatkan aplikasi Open GL sangat membantu dalam analisa data sensor rate-gyro.

 

Analisis Gerombol Untuk Penyusunan Tesaurus
(Dwi Prasetyo)

Penyusunan thesaurus untuk temukembali informasi dapat dilakukan secara manual, semi otomatis, atau otomatis sepenuhnya. Cara manual melibatkan tenaga yang benar-benar ahli dibidang subyek dokumen sehingga sangat sulit dan lama. Dengan perkembangan teknologi computer, penyusunan thesaurus mulai dilakukan dengan menggunakan bantuan computer untuk sebagian atau bahkan seluruh proses penyunan proses thesaurus. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah : Pemilihan istilah kata-kata yang ada dalam dokumen, dilakukan berdasarkan criteria tertentu, jumlah kata dalam satu istilah adalah satu (sinle term),  Pembentukan matriks istilah-Dokumen yang berisi frekuensi istilah pada setiap dokumen. Pengelompokan istilah secara non hirarki dengan teknis analisis gerombol menggunakan paket program SPSS.

 

Vol. 4, No. 7  January 2007

Pembohong via Statistik Fenomena Riset Akademis yang Ditolelir Masyarakat kampus
(Fredi Andria)

      Secara khusus tulisan ini bertujuan untuk mengungkap berbagai macam kekurang –tepatan dan kesalah pahaman penggunaan metode dan teknik dasar statistic dalam aplikasi riset/penelitian social-manajemen khususnya dikalangan masyarakat kampus. Melalui tulisan ini nantinya diharapkan para peneliti (khususnya mahasiswa)lebih jeli, selektip dan hati-hati  dalam mengunakan metode/teknik statistic, sehingga mampu menghasilkan informasi dan analisa akhir yang valid,reliable, resresentatip dan “tajam” dan dapat di pertanggung jawabkan secara ilmiah. Kajian ini memaparkan beberapa kesalahan pengguna metode dan teknik  statistic yang sering terjadi dalam pelaksanaan riset akademis bidang social-manajemen. Kesalahan tersebut terkadang di anggap”masyarat kampus” sebagai sesuatu yang biasa dan layak diterima, pada hakekatnya hal ini merupakan sebuah”pembohongan via statistic” atau sering disebut para ahli sebagai “statistikulasi”. Supaya kesalan-kesalahan ini tidak lagi terjadi,maka  perlu selalu dilakukannya re-check dan re-evaluasi terhadap hasil penelitian yang diperoleh. Dan re-check/evaluasi ini harus dilakukan di setiap tahapteknis pelaksanaan riset tersebut.

Teori Permainan Sebagai Salah Satu Cara Penentuan Strategi Penjualan Pada Dua Shopping Center Menggunakan Turbo Pascal For Windows(TPW)1,5
(Lita Kalitasari)

Penerapan Riset Operasional untuk memecahkan suatu masdalah memerlukan tahapan-tahapan, diantanya : memformulasikan masalah, mengobservasi system,membentuk model , dan mencari penyelesaian masalah. Salah satu cara penyelesaian daru masalah riset operasional adalah menggunakan Teori permainan. Teori permainan adalah suatu pendekatan untuk merumuskan situasi persaingan dan konflik antar berbagai persaingan. Teori ini dikembangkan untuk menganalisa situasi kompetitip dimana pemain-pemain menggunakan proses berpikir logis  dan teknik matematik untuk menentukan strategi optimum dalam meraih kemenangan. Sebelum menyelesaikan kasus-kasus dalam Teori permainan perlu di definisikan dahulu jumlah pemain, nilai permainan(jumlah keuntungan dan kerugian), dan jenis strategi. Kriteria dalam menyelesaikan masalah adalah adalah criteria maksimin dan minimaks.

Rancangan dan Implementasi Sistem Permainan Cuaca Berbasis Logika Fuzzy Menggunakan Matlab
(Tjut  AwaliyahZ,Abdurahman N)

         Dalam melakukan peramalan cuacabanyak pendekatan yang dilakukan, mulai dari pendekatan secara manual oleh peramal cuaca, sampai dengan menggunakan pendekatan matematika. Salah satu pendekatan yang di gunakan saat ini adalah pendekatan logika Fuzy.  Yang merupakan suatu cara  mentranformasikan proses analog, dan bergerak ke ruang kontiniu dari sebuah nilai,sampai kepada digitasi computer. Peramalan cuaca berbasis logika fuzzy dilakukan dengan memberikan masukan berupa suhu,tekanan, dan kelembaban relatife. Kemudian, hasilnya adalah keluaran peramalan cuaca yang berupa suhurata-rata, kelembaban relative rata-rata,serta keadaan cuaca. Peramalan cuaca berbasis logika fuzzy dilakukan dengan sisten fuzzifikasi dan defuzzifikasi seperti pada FLC(Fuzzy Logic Controller)

Pengendalian Mutu Secara Statistika Pada proses Produksi
(Eneng Tita T,Arifah Budiarti)

        Pengendalian mutu produksi suatu manufaktur dapat dilakukan dengan aplikasi statistic., yakni melalui  pengendalian secara statistic (statistical process control/SPC). Hal ini dilakukan terhadap proses produksi di PT.Trinunggal komara, dengan menggunakan beberapa alat SPC. Hasil diagram sebab akibat menunjukan bahwa pengendalian mutu proses belum tercapai disebabkan oleh factor utama metode dengan factor perincinya proses produksi.

Hal tersebut dapat terlihat dengan adanya berbagai kerusakan pada Dry proses dan Washing Process. Berdasarkan diagram pareto jenis kerusakan yang harus cepat diatasi adalah bolong nicking (73,66%) dan Sandblast(24,22%) pada dry proses dan bololng cucian(63,9%)dan warna(17,49%) pada washing prose. Ada perbedaan nyata pada biaya mutu yang dikeluarkan sebelum dan sesudah diadakan pengendalian proses  secara statistic yakni sebesar  $ 8433,36.

Aplikasi Tranformasi 3 Dimensi sebagai Media Pengajaran
(Wahyudi Hasbi,Suryadi)

Grafika computer pada dasarnya merupakan suatu bidang ilmu computer yang mempelajari tentang cara-cara untuk meningkatkan dan memudahkan komunikasi antar manusia dengan mesin computer dengan jalan membangkitkan, menyimpan dan memanipulasi gambar modelsuatu objek

Dalam hal pengajaran grafika computer sebagai mata kuliah , maka perlu adanya pembuatan visualisasi dalam bentuk aplikasi untuk memudahkan pemahaman terhadap teori yang ada dalam teori grafika computer. Salah satu contohnya adalah pembuatan aplikasi transformasi 3 dimensi dalam grafika computer dengan menggunakan bahasa pemrograman visual yang telah ada, seperti OpenGL(Open Graphic Library)dengan Microsoft visual C++,Microsoft Visual Basi, Delphi dan bahasa pemrograman lainnya  yang mendukung dalam pembuatan aplikasi grafis lainnya.

Pengendalian Lampu  Aru Bolak Balik Menggunakan Personal Komputer
(Soewarto H, Ikhwan Hadianto,Munajat)

          Pengoperasian alat-alat listrik saat ini seperti lampu,pendingin   ruangan,mesin air dan masih banyak yang lainnya pada suatu tempat masih dilakukan secara manual atau diperlukan penanganan oleh orang/individu secara langsung. Hal ini membutuhkan jumlah orang maupun waktuyang akan terus bertambah sesuai dengan luas lokasi/tempat. Salah satu solusi untuk menangulangi dari masalah diatas adalah dengan menghubungkan piranti dari teknologi computer dengan alat-alat listrik yang berada diluar computer. Tujuan penelitian ini adalah mengendalikan lampu arus bolak-balik menggunakan personal computer. Alat yang bakan dirancang dan di implementasikan ini dapat mengatur hidup dan matinya lampu secara otomatis sesuai jadwal yang ditentukan yang dikontrol oleh PC(Personal Computer), selain mengontrol lampu alat ini juga dapat digunakan untuk mengontrol alat-alat elektronik seperti televise,kipas angin,pompa air dan alat-alat elektronik lainnya.

Rancangan Dan Implementasi Sistem Database Terdistribusi Menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0
(Iyan Mulyana, Herfina,Rediansyah)

          Dalam sebuah database terdistribus, database disimpan pada beberapa computer yang berhubungan satu sama lain melalui bermacam-macam media komunikasi. Salah satu contoh penerapan system data base terdistribusi  adalah pada system informasi pemesanan tiket pesawat. Sistem tersebur terdiri dari sekumpulan computer, tiap-tiap computer dapat berpartisipasi  dalam pengeksekusian transakso-transaksi yang mengakses data pada satu computer atau beberapa computer. Manfaat yang diperoleh dalam pembuatan system ini adalah mengimplementasikan system database terdistribusi, yaitu penyimpanan data dilakukan pada semua computer yang terhubung, penyimpanan data ini terpisah secara geograpis namun sama secara logic, sehingga masingh-masing computer memiliki database dan input data dapat dilakukan pada semua computer dan ninput data dapat dilakukan pada semua computer yang terhubung dengan saling menjaga keamanan data.

 

Vol . 4, No . 8, Juli 2007

PENGARUH INCOMPLETE DATA TERHADAP KURASI VOTING FEATUR INTERVALS-5 ( VF 15 )
( Aziz Kustiyo, Agus Buono, Atik Pawestri Sulistyo )

Permasalahan mengenai data hilang merupakan masalah umum yang terjadi pada lingkungan medis.Data hilang dapat disebabkan beberapa hal yaitu salah memasukan data, datanya tidak valid dan peralatan yang di gunakan untuk mengambil data tidak berfungsi dengan baik.Voting Feature Intervals merupakan algoritma klasifikasi yang di kembangkan oleh Gulsen Demiroz dan H. Altay Guvenir pada tahun 1997. Algoritma ini dapat mengatasi data hilang dengan mmengabaikan data hilang tersebut. Pada penelitian ini dilakukan penerapan algoritma Voting   Feature Intervals-5 (VF15)  Sebagai algoritma klasifikasi pada kasus data hilang. Data yang digunakan adalah data ordinal (data Dermatology) dan data interval (Ionosphere). Untuk mengatasi data hilang digunakan tiga metode yaitu mengabaikan data hilang, menghapus satu baris data hilang dan mengganti data hilang dengan mean atau modus. Rata rata tingkat akurasi data ordinal tertinggi sebesar 93.81% dan rata-rata tingkat akurasi data interval tertinggi sebesar 79.89%. Hasil penelitian menunjukan rata-rata tingkat akurasi yg tertinggi dicapai ketika data hilang diatas dengan mengganti data hilang dengan mean atau modus.

RANCANGAN DAN IMPLEMENTASI KOPRASI DAN TEKS SMS (SHORT MESSAGING SERVICE) DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA HUFFMAN
(Tjut Awaliyah, M.Kom , Arie Qur’aini, S.Kom , Indra Gunawan)

                Dalam Telephon seluler terdapat fasilitas yang disebut SMS (Short Messaging Service) yaitu komunikasi pesan singkat berupa teks. Satu kali proses pengiriman SMS akan menampung maksimal 160 karakter, jika melebihi 160 karakter maka user harus membayar lebih,padaha. Untuk menghemat biaya SMS dapat dikompres karakter-karakter menjaid lebih kecil dengan menggunakan metode kompresi ygang lebih populer, yaitu Huffman pada penelitian ini diimplementasikan menggunakan pemrograman JAVA 2 Microedition (J2ME) yang hanya dapat dijalankan didalam perangkat-perangkat kecil seperti Handpone dan Personal Digital Asistan (PDA). Hasil pengujian bahwa kinerja sistem sesuai dengan yang diinginkan.Dari jumlah karakter yang diketikan sebanyak 186 karakter dan mencapai 2 kali pengiriman sms, dapat dikompres sebanyak 124 karakter dan satu kali pengiriman. Hasil dari kompresi karakter pertama menjadi karakter kedua dilakukan sebanyak 76%.Setelah melakukan 10 kali percobaan pengiriman, maka dapat diambil rata-rata presentase pengurangan memeoro sebesar22%.

KRISTAL FOTONIK 1D : TEORI , SIMULASI , DAN APLIKASINYA
(Hendradi Hardhienata)

Kristal fotonik hingga kini tetap menjadi salahg satu kajian riset intensif karena kemampuannya mrnghantarkan cahaya sehingga memiliki potensi aplikasi yang besar dalam tekhnologi informasi dan instrumentasi terutama untuk komunikasi optik. Kristal fotonik adalah sejenis bahan dielektrik atau logam periodik yang dapat memodifikasi arah dan frekuensi gelombang elektromagnetik yang merambat didalamnya. Sebuah kristal fotonik 1 D dapat dibentuk dari lapisan material dengan indeks bias berbeda dan disusun secara berselang. Tulisan ini akan membahas teori , simulasi dan beberapa aplikasi dari kristal fotonik 1 D.

PEMANFAATAN FIELD PROGRAMMABLE GATE ARRAYS (FPGAS) DALAM PENGEMBANGAN OTONASI KENDALI DAN INDUSTRI
(Irfan darmawan , Asep Andang)

            Dewasa ini peralatan system instrumentasi dan kontrol semakin berkembang dengan cepat, dimana dengan dimulainya Periode 1967-1967 yang diwarnai dengan perancangan berbasis TTL (transistor-transistor logic0. Perancangan system digital kemudian mulai diramaikan dengan perancangan berbasis LSI (large-scale integration), dan MSI (medium-scale  integration). ASIC (aplication-spesific integration circuit). Perancangan system ini mengalami kendala karena ASIC memerlukan fabrication foundries, memerlukan waktu cukup lama sementara tuntutan time-to-market memendek dan hanya ekonomis bila volume produksi diatas 10000 unit. Tahun 1997 dikembangkan era reconfigurable computing yang muncul karna adanya tekhnologi field-programmeble gate arrays,dimana mulai dikembangkannya tekhnologi system-on-a-chip (SOC) sehingga dapat dirancang sebuah system besar didalam sebuah chip dengan jumlah produksi dan waktu yang sangat effisien  dan efektif.

 SITEM PENUNJANG KEPUTUSSAN PENENTUAN TINGKAT KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DENGAN METODE SMARTER DENGAN MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6.0
(Eneng Tita Tosida & Dentik karyaningsih)

Salah satu masalah kependudukan adalah masalah kesejahteraaan masyarakat.Kesejahteraan masyarakat dapat diukur dari kondisi/keadaan/kemampuan tiap-tiap keluarga sehingga pemerintah mengelompokan kedalam kelompok-kelompok tertentu berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan. Data yang didapat dari BKKBN digunakan sebagai acuan penentu tingkat kesejahteraan masyarakat, tetapi pada kenyataan nya masih ada kesalahan dalam mengelompokan suatu keluarga kedalam tingkat kesejahteraan tertentu dan berdampak pada pelaksanaan kebijaksanaan yang tidak tepat kepada sasarannya.  Pada penelitian ini dikembangkan Sistem Penunjang Keputusan berbasis komputer dalam menentukan tingkat kesejahteraan masyarakat diharapkan dapat membantu mempermudah dalam penentuan tingkat kesejahteraan Metode SMARTER Menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0.

APLIKASI ILMU KOMPUTER DALAM PRECISION FARMING
(Sri Setyaningsih, Medria Kusuma Dewi.H)

                Aplikasi Ilmu Komputer dibidang pertanian salah satunya adalah precision farming, yang juga dikenal sebagi prescription farming merupakan salah satu metode pertanian dengan memanfaatkan Global Positioning System (GPS), data citra satelit, dan Geographic Information System (GIS) dalam penentuan posisi lokasi, pengumpulan dan transmisi data untuk membuat peta selama masa pertumbuhan dan masa panen komoditas pertanian.Citra yang dihasilkan dari satelit diolah oleh komputer sesuai dengan pixel warna yang berhasil ditangka sehingga dihasilkan pencitraan satelit sesuai dengan realiti yang terdapat dilapangan.Dengan precision farming berbasis data satelit pengindraan jauh dimungkinan dapat dilakukannya identifikasi beberapa permasalahan,seperti identifikasi lahan pertanian,identifikasi luas lahan pertanian, identifikasi kondisi kesehatan tumbuhan,monitoring fase pertumbuhan padi,monitoring ketersediaan air untuk lahan pertanian,identifikasi perubahan lahan pertanian, identifikasi jenis tanaman pertanian/perkebunan, tingkat kehijauan pertumbuhan, prediksi hasil panen,kondisi kekeringan.

PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS TINDAK KEJAHATAN MULTILEVEL BERBASIS WEB
(Dwi Ptasetyo)

                Tindak kejahatan banyak terjadi diberbagai tempat dengan waktu kejadian yang berbeda.Informasi tentang bayaknya tindak kejahatan sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan penegak hukum,dalam hal ini jajaran kepolosian. Bagi semua pihak seperti masyarakat luas,informasi ini sangat berguna untuk tindakan antisipasi,khususnya pihak kepolosian membantu dalam mengambil keputusan apakah suatu daerah memerlikan pengawasan ekstra atau tidak,selain itu informasi tersebut dibutuhkan untuk mengetahui intensitas tindak kejahatan. Adanya tindakan informasi tindak kejahatan ini perlu dilihat dari berbagai sisi dan bentuk ini diterjemahkan keberbagai level.

            Penelitian ini coba mengembangkan suatu sistem informasi yang mampu mrnampilkan peta secara multilevel serta memetakan jumlah tindak kejahatan yang terjadi di dalam peta dalam bentuk yang beragam.Pengelompokan pada masing masing daerah diambil berdasarkan scara ciri-ciri tertentu sehingga output yang dihasilkan memudahkan pengguna dalam membedakan tingat kerawanan antara daerah satu dan lainnya dan juga menampilkan grafik dan perhitungan jumlah tindak kejahatan yang terjadi.

 

Vol. 5, No.9, Januari 2008

PROTOTYPE ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP)
BERBASIS WEB
(Kun Fayakun, Suyatno Budiharjo)

                Ketidak lancaran informasi pada suatu perusahaan dapat disebabkan karena tidak terorganisirnya data-data yang masuk maupun yang keluar sehingga tidak mudah mengakses informasi yang dibutuhkan. Untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan oleh PB sahabat secara terintegrasi, dapat dilakukan dengan membangun suatu sistem ERP (Enterprise Resouce Planning). Sistem ini mampu memberikan informasi dari setiap devisi (devisi produksi, SDM dan financial) untuk setiap bulannya. Laporan yang dihasilkan oleh sistem ini adalah laporan-laporan seperti kebutuhan bahan. Biaya persediaan, laporan gaji, dan laporan keuangan untuk setiap bulannya. Fungsi-fungsi perusahaan yang harus dilibatkan dalam suatu proses ERP adalah perencanaan produksi, pembelian, manajemen persediaan, financial (payroll, penetapan biaya produksi, hutang, piutang, dana buku besar), sumber daya manusia, sistem informasi, dan peralatan dan lain-lain.

KOMPRESI VIDEO DENGAN ESTIMASI GERAK MENGGUNAKAN LOW COMPLEXITY MATCHING CRITERIA
(Kun Fayakun, Suyatno Budiharjo)

                Kebanyakan dari teknik kompresi video dengan laju bit menggunakan algoritma pengkodean gabungan intra dan interframe untuk meruduksi redudansi spasial dan temporal ,estimasi gerak berbais blok menjadi pilihan terbaik. Prediksi dicapai dengan mencari pecocokan untuk sebuah blok di dalam area pencarian dan reduksi dari redundansi temporal dilakukan dengan vector gerak blok dan residu untuk blok yang terprediksi. Hasil pengujian dengan sistem ini menunjukan behwa tingkat kompresi video yang dapat dicapai dengan sistem ini adalah 11,560 14,178 untuk monokrom dan 6,433 12,021 untuk berwarna dengan factor kulitas 0,7 0,9. Bit rate yang diperlukan untuk mentrasmisikan sinyal video hasil kompresi laju frame = 15 fps dan  factor kualitas 0,7 -0,9 adalah 46,153 68,869 kbps untuk monokrom dan 143,072 226,943 kbps untuk berwarna, running time untuk melakukan kompresi dan sekaligus dekompresi sinyal video dengan 30 frame rata-rata adalah 60,858 detik untuk monokrom dan 82,664 detik untuk berwarna, kualitas dari video yang diperoleh dengan  parameter obyektif, MSE = 6,8 x  untuk monokrom ‘clairey’, 9,8 x  untuk berwarna ‘students’ dan 1,8 x  untuk ‘carphone’ dan parameter subyektif, MOS = 4,433 untuk ‘students’, dan 4,655 untuk ‘carphone’.

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ALAT PENGUKURAN TEKANAN DARAH BERBASIS MIKROKONTROLER AT89S51 DENGAN INTERFACING VISUAL BASIC 6.0
(Hasan Mayditia, Achmad Rifai)

                Mikrokontroler dapat diaplikasikan pada aplikasi digital. Mikrokontroler selain dapat diterapkan kedalam aplikasi yang stand alone (berjalan secara otomatis, juga dapat diterapkan kedalam aplikasi yang dapat terhubung dengan computer. Salah satu aplikasimikrokontroler di bidang kesehatan adalah alat ukur tekanan darah berbasis mikrokontoler. Sedangkan hasil uji validasi dapat disimpulkan bahwa alat yang telah diimplementasikan mempunyai tingkat ketelitian alat murni sebesar 1,22 mmHg. Sedangkan tingkat ketelitian pengukur untuk nilai sistolik sebesar 0,975 mmHg dan untuk tingkat ketelitian pengukuran nilai diastolic sebesar 0,93 mmHg. Tingkat error pengukuran nilai sitolik sebesar 2,96 dan tingkat error pengukuran nilai diastolik sebesar 4,95.

Rancangan OBc (onboard computer) untuk spacecraft satelit mikro
(a
bdul Rahman)

                Saat ini sejumlah satelit mikro dengan berat kurang dari 100 kg telah operasional untuk digunakan oleh para operator radio amatir. Lapan telah memulai program satelit mikro yang memiliki misi untuk membangun satelit tersebut secara mandiri. Satelit mikro telah popular disebabkan memiliki waktu desain yang relative pendek dan biaya rendah. Jenis satelit ini memungkinkan memenuhi kebutuhan Indonesia akan pengembangan penelitian dan tujuan-tujuan praktis. Tulisan ini memberikan gambaran mengenai platform dari On Board Computer (OBC) satelit mikro baik sisi hardware dan software.

 

RANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PENGAMANAN DATA DENGAN ALGORITMA RIJNDAEL
(Sri Setyaningsih, Sena Ramadona C)

                Pemilihan dan penggunaan sistem pengamanan data yang baik dan tepat membutuhkan pertimbangan khusus, terutama pemilihan algoritmanya. Karena algoritma sebagai blok chirer atau langkah/urutan dari suatu sistem pengamanan data sangat mnentukan tingkat keamanan dan kemudahan dalam implementasinya. Algoritma Rijndael menjadi salah satu algoritma yang popular dibidang kriptografi, karena algoritma Rijndael telah dikembangkan secara luas dan penggunaannya relative mudah. Dengan menggunakan algoritma rijndael pada sistem pengamanan data, data masukan atau plain text, akan diubah menjadi chipper text melaui proses enkripsi. data chipper text merupakan data terenkripsi yang tidak dapat dibaca , untuk mengembalikan data kepada keadaan semula maka dibutuhkan proses deskripsi sehingga menjadi plain text kembali

DIAGNOSIS PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE  MENGGUNAKAN VOTING FEATURE INTERVAL 5
(Irman Hermandi, Aziz Kustiyo, Aristi Imka Apniasari)

                Tingkat kematian akibat penyakit Demam Berdarah Dengue relatif masih tinggi. Salah satu penyebab tingginya tingkat kematian tersebut adalah keterlambatan diagnosis, semakin cepat diagnosis dapat dilakukan, semakin cepat pula pertolongan bisa diberikan sehingga dapat mengurangi angka kematian tersebut. Penelitian ini kan menerapkan algoritma Voting Feature Intervals 5 (VFI5) untuk mendiagnosa penyakit DBD. Pada peneliatian ini dilakukan 4 tahap pengujian. Rata-rata akuransi yang dihasilkan pada pengujian tahap pertama terhadap data sebelum validasi adalah 65,66%. Rata-rata akurasi pada pengujian tahap kedua ini adalah 92,86%. Rata-rata akurasi yang dihasilkan pada pengujian tahap ketiga ini mencapai 97,62%. Selanjutnya, pada pengujian tahap keempat akuransi yang dihasilkan untuk data setelah validasi adalah 100% akuransi tersebut jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan penelitian yang telah dilakukan oleh syafii pada tahun 2006 dengan menggunakan model ANFIS yang hanya mencapai 86,67%.

PERANCANGAN ALAT BANTU TUNANETRA DENGAN SENSOR ULTRASONIC RANGE FINDER BERBASIS MIKROKONTROLER
(Soewarto Hardhienata, Azkhar)

                Indera penglihatan  merupakan salah satu sumber informasi yang vital bagi manusia. Dengan kemajuan teknologi yang cukup pesat dibidang elektronika maka dapat dibuat suatu alat  yang menggunakan gelombang ultrasonic untuk mendeteksi keberadaan suatu obyek atau halangan, yang nantinya bisa dipergunakan oleh orang yang mempunyai kekurangan dalam penglihatan. Penelitian ini dibatasi pada perancangan alat bantu Tunanetra dengan sensor ultrasonic berbasis mikrokontoler AVR, dengan menggunakan frekuensi audio (buzzer) sebagai pendeteksi jarak dan lampu atau LED sebagai interface. Perangkat lunak yang digunakan pad apenelitian ini antara lain Code Vision AVR  dan Pony Program (ISP) sebagai downloader. Dalam hardware, sebatas gelombang yang dipancarkan oleh sensor. Sebagai media pengukura dipergunakan gelombang ultrasonic, sedangkan untuk pengontrolan sistem dan proses perhitungan dipergunakan mikrokontroler.

 

Vol. 5, No. 10, Juli 2008

Rancangan dan Implementasi Sistem Penanganan Dini Penyakit  Pada Anak

(Dwi Prasetyo, Andi Chairunnas, Heri Hermawan)

 

Cara menyikapi penyakit kini telah berubah, masyarakat kini mengharapkan semua perawatan, umumnya masyarakat lebih memperdulikan akan kesehatan. Umumnya ketika anak sakit, orang tua lebih ingin mengetahui bagaimana penanganan dan seberapa cepat sembuh serta apa penyebabnya. Informasi yang lengkap tentang pertanyaan tadi dapat di peroleh dalam bentuk buku-buku atau literature namun tidaklah mudah untuk mendapatkannya. Peran teknologi informasi dapat digunakan untuk memperoleh informasi yang cepat handal dan dipercaya, karena itu dikembangkan aplikasi penanganan dini gejala penyakit pada anak yang diimplementasikan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0 dan Microsoft Access.

Rancangan dan Implementasi Sistem Pakar Dalam Bidang Farmakologi Untuk Terapi Penyakit Kulit
(Prihastuti Harsani, Abdullah Syafei)

Sistem pakar adalah sistem yang berusaha mengadopsi pemikiran manusia ke computer agar computer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli. Farmakologi merupakan sub bidang ilmu yang dipelajari dalam bidang farmasi maupun bidang kedokteran. Dalam bidang kedokteran ilmu ini dibatasi tujuannya agar obat dapat digunakan secara rasional untuk maksud pencegahan, diagnosis dan pengobatan penyakit. Demi keamanan dan khasiat terapi yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan mengimplementasikan sistem pakar dalam bidang farmakologi untuk terapi penyakit kulit menggunakan perangkat lunak sistem pakar Exsys Professional 5.0Editor. Penelitian dilakukan dengan membuat program computer yang berkecerdasan untuk mendiagnosa penyakit kulit. Hasil diagnose penyakit ini akan dijadikan dasar penggunaan obat yang akan diberikan kepada pasien sebagai tindakan medis yang akan ditempuh. Penggunaan obat yang dimaksud di sini meliputi jenis obat, dosis cara penggunaan dan perawatan penyakit kulit.

Rancangan dan Implementasi Pembuatan  Diagram Transisi Pada Deterministic Finite Automata Untuk Tools Pengajaran Teori Bahasa Otomata
(Herfina, Dewi Hari Astuti)

Pengetahuan otomata sebagai bagian dari bidang keilmuan computer sangat berperan penting karena otomata ini merupakan bahasa yang memerintahkan bagaimana sistem mampu melakukan proses-proses intelektual seperti halnya manusia. Namun pemahaman menjadi sulit jika tidak menggunakan tools yangmemadai. Dalam penelitian ini dipaparkan mengenai Teori bahasa automata yang selanjutnya dikembangkan menjadi aplikasi sebagai media pembelajaran guna memudahkan dalam proses penerimaan input menjadi output oleh sebuah mesin.

Identifikasi Objek-objek Pada Citra Digital Berbasis Region Menggunakan Normalized Cuts
(Marsani Asfi)

Gambar atau citra memiliki karakteristik visual yang terdiri dari warna, bentuk dan tekstur. Salah satu cara untuk memperoleh karakteristik visual citra adalah melalui segmentasi. Secara umum, segmentasi merupakan langkah awal dalam analisis citra. Segmentasi dilakukan untuk membagi citra kedalam bagian-bagian yang memiliki kemiripan karakteristik Metode Mormalized Cuts menerapkan teori graf untuk membagi citra kedalam ukuran terbaik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra tersegmentasi merupakan perwakilan dari onjek-objek yang dimiliki citra. Hasil pemisahan region menjadi citra-citra region selanjutnya dapat menjadi acuan untuk penelitian selanjutnya pada tahapan ekstraksi citra-citra, pelabelan citra dalam sistem temu kembali citra.

Rancangan dan Implementasi Kamus Online
(Arie Qur’ania, Hilman Aditya Rachman)

Kamus adalah sejenis buku rujukan yang menerangkan makna kata-kata. Kamus terbagi menjadi 2 (dua) jenis, yaitu Kamus Cetak dan Elektronik, kamus cetak yaitu kamus yang berbentuk buku besar yang terdiri dari banyak pembendaharaan kata, sedangkan kamus elektronik adalah kamus yang dibuat secara praktis dengan media elektronik yang dapat menampung ribuan kata seperti kamus cetak. Kedua kamus diatas memilikikekurangan yaitu terbatasnya pembendaharaan kata yang gtersedia, sehingga user yang menggunakan kamus cetak dan elektronik harus mendapatkan kamus keluaran terbaru agar pembendaharaan kata selalu up to date. Untuk itu dirancanglah suatu bentuk aplikasi kamus berbasis online dan memiliki database agar dapat menjawab semua kekurangan kamus cetak dan elektronik diatas yaitu pembendaharaan kata yang “up to date”. Kamus online dirancang dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan media penyimpanan databasenya digunakan MySQL dan Operating System Windows XP Service Pack 2.

Implementasi Algoritme Brute Force dan Knuth Morris Pratt Pada Pelacakan String Menggunakan Ms.Visual Basic 6.0
(Titi Ratnasari, Ramdan Setia Permana)

Pelacakan string atau pencarian string didalm teks disebut juga pencocokan string (string matching atau pattern matching). Pelacakan string terdiri atas langkah-langkah menemukan satu string atau lebih atas seluruh kejadian pada sebuah string. Ada beberapa metode pelacakan string diantaranya metode Brute force dan Knuth Morris Pratt.

Metode Brute force bekerja dengan cara mencocokan pola dengan teks mulai dari kiri ke kanan. Apabila terjadi ketidakcocokan antara karakter pola dan teks maka pola akan digeser satu karakter kekanan karena jumlah pergeseran dari metode Brute force maksimal 1 (satu) karakter.

Metode Knuth Morris Pratt cara kerjanya sama seperti metode Brute force yaitu karakter pola dengan teks dicocokan mulai dari kiri ke kanan. Pada metode ini ada praproses yaitu untuk mencari nilai pinggiran dari pola. Nilai pinggiran ini diperoleh dengan cara membandingkan karakter antar pola. Setelah praproses, selanjutnya akan dilakukan proses pelacakan.

Implementasi Teknik Generate Noise Pada Pengolahan Citra Digital Menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0
(Asep Denih, Arga Prahara)

Didalam berkembangnya dunia komputasi yang ditandai dengan semakin meningkatnya kapasitas dan kecepatan proses computer, serta munculnya ilmu-ilmu komputasi yang memungkinkan manusia dapat mengambil informasi  pada suatu citra. Tetapi tidak semua citra yang dihasilakan dari proses pengambilan gambar mamiliki kualitas yang baik. Kadang output citra yang dihasilkan terdapat beberapa kotoran yang menggangu. Sebelum noise-noise tersebut dihilangkan terlebih dahulu harus diketahui bagaimana proses terbentuknya dan karakteristik kerusakan yang ditimbulkan oleh noise tersebut. Dengan cara m,embangkitkan noise atau generate noise tersebut pada sebuah citra digital. Aehingga dapat diketahui bagaimana cara untuk mereduksi noise tersebut. Adapun beberapa noise pada citra yang akan dibahas dalam penelitian ini Gaussian, Speckle dan Salt AND Pepper.

 

Vol. 6, No. 11, January 2009

Rancangan dan Implementasi  Sistem Informasi Kenaikan Gaji Berkala
(Sri Setyaningsih, Lita Karlitasari, dan Irawati)

Bagian umum dan kepegawaian di Dinas kependudukan. Catatan sipil dan KB mempunyai tugas kepegawaian yaitu nengurusi pengangkatan pegawai,kenaikan pangkat,pelatihan dan pendidikan pegawai,pension pegawai  kenaikan gaji berkala. Kenaikan gaji berkala pada Dinas kependudukan,catatan sipil dan KB. Pengelolaan dan pengajiannya yang selama ini masih bersifat manual (masih menggunakan word dan exceluntuk menyimpan data dari pegawai). Oleh karena itu dikembangkan aplikasi yang dapat mempermudah pegawai dalam mencari dan memperoleh informasi tentang kenaikan gajisecara berkala. Dalam pengembangan aplikasinya menggunakan metode OOP(Object Oriented Program).

Sistem Pengambilan Keputusan Kriteria Jamak Untuk Audit Kinerja Efisiensi Teknis Agroindustri Karet Remah
(Sawarni Hasibuan, E.Gumbira Sa’id, Eriyanto’Illah Saillah, M.Romli dan Suharto H.)

Tujuan penelitian adalah menetapkan indicator efisiensi teknis proses produksi karet remah. Menilai kinerja efisiensi  teknis proses produksi agroindustri karet remah,dan membersihkan kontribusi perbaikan untuk peningkatan efisiensi teknik proses produksi agroindustri karet remah pada kasus Pt perkebunan Negara .

Hasil analisa Delphi merekomendasikan 9 kriteriauntuk penilaian efisiensi teknis agroindustri karet remah. Yaitu:  (1)MCE (Efisiensi siklus material). (2)ECE (Efisiensi Siklus Energi). (3)POEE (Efisiensi Lingkungan proses Keseluruhan). (4)FPEE(Efisiensi lingkungan Produk Akhir). (5)ECEE(Efisiensi lingkungan Siklus Energi).. (6)PAQE(Efisiensi KUalitas Produk Absolut).  (7)PCQE(Efisiensi kulitas Konstan dari Produk). (8)ESOE(Efisiensi Pengoprasian Peralatan Statis). dan (9)PVE(Efisiensi Volume Produk AKhir). Berdasarkan pengukuran secara numeric.

Efisiensi Teknis proses produksi karet remah perusahaan berkisar antara 77.01-96.98%. Namun hasil agregasi Pendapat ahli dengan metode Non Numerik multi Criteria multi person disimpulkan status efisiansiproses produksi karet remah perusahaan adalah lemah.

Pemanfaatan Toolbox Wavelet 1-d Paga Matlab 7.0 Daalam Pengenalan suara
(Eneng Tita Tosida & Muhammad Ridwan)

Klasifikasi suara manusia merupakan usaha yang sangat berat dalam pengenalan suara. Sejumlah taknik telah di formulasikan,teknik yang sangat baik  sudah dipakai pada masa ini sudah nmemiliki kapabilitas yang baik. Hal ini merupakan fakta bahwa suara manusia sangat kompleks dan dinamis. MATLAB mareupakan bahasa pemrograman yang hadir dengan fungsidankarakteristik seperti Delphi. Basic maupun C++. MATLAB   merupakan bahasa pemrograman level tinggiyang di khususkan untuk kebutuhan komputasi teknis. Visualisasi  dan pemrograman seperti komputasi matematik, analisis data, pengembangan algoritma, simulasi dan pemodelan dan grafik-grafik perhitungan.

Komputerisasi Konversi Bilangan Menggunakan Borland Delphi 7.0
(Prihastuti Harsani dan Reni Megawati)

Sistem bilangan merupakan salah satu bidang yang cukup penting. Sistem bilangan merupakan suatyu cara menuliskan atau melambangkan nilai suatu bilangan dengan basis tertentu. Dilambangkan dengan XXX(y). Dalam elektronika dan computer penggunaan basis yang paling mendasar adalah basis  2 dan perpangkatannya(basis-8 dan basis -16). Nilai dari setiap angka pada suatu system bilangan dapat dikonversikan ke dalam system bilangan yang lain.

Dalam penelitian ini system bilangan yang akan di konversikan adalah bilangan decimal menjadi bilangan biner,octal,hexadecimal, dan sebaliknya. Tujuan di adakan penelitian ini adalah untuk merancang dan mengimplementasikan Komputerisasi Konversi Menggunakan Borlan Delphi 7.0.

Perancangan dan Implementasi Sistem Monitoring Keamanan Ruangan Dengan Sensor Magnet Menggunakan Bahasa Pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0
(Soewarto Hadienata,Andi Chairunnas dan Teguh Pribadi)

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan system monitoring keamanan ruangan dengan menggunakan Microsoft visual basic 6.0,prinsip dan cara kerja dari system keamanan ruangan ini. Maka dapat di simpulkan bahwa system keamana ini memiliki kemampuan untuk mendeteksi keadaan pintu atau jendela dalam keadaan tertutup atau terbuka. Dengan menggunakan sensor magnet apabila medan magnet tidak terhubung dengan sensor magnet maka secara otomatis rancangan sensor akan mengirim data bernilai “1”(satu) ke mikrokontroler lalu melanjutkannya ke PC secara serial, untuk kemudian memberikan tampilan perubahan warna sensor yang telah di aplikasikan dan menghasilkan bunyi alarm dari rangkaian mikrokontroler AT898852.

Rancangan Sistem Pengendalian Roses Polimerisasi Fenol Formaldehid
(Hermawan Thaheer)

Phenol formaldehyde polymer pruducti0n in Indonesia mostly used the batch system that have high risk technologies. Naturally, the condensation process between phenol and formaldehyde are exothermic that release about  315.77 MCal of 5 ton production and the reactor temperature may rise until 266.44`C. if the reaction not able to control it may cause boiling the reactant,potent to explode,and the prodiuct will stoned . In the present condition. Process control system of phenol polymer production in Indonesia is carried out by using manual and semi mechanical. Designing of process control design be intended to regulate two controls units are: 1) Steam Supply; and 2) cooling water supply. Both of control unit be operated sequent according to processing step. Process indicator of phenol polymerization that is indentified are: 1) temperature; 2) processing time; 3)pH; and 4)polymer conceration . When the indicator will be automation controlled, than all of recording data from sensor must be transper by the electronically impulses  . All of analog display must be converting to digital by using ADC. ADC instrument that be  installed in computer mainframe must be support by buffer for data transfer and posting. After the computer processing the data, the result is informed to reactor for apparatus control action.

Aplikasi Eazy Tax Menggunakan Visual Basic.net
(Sufiatul Maryana, Ruchi Karunia Dewi)

Saat ini masih banyak wajib pajak yang tidak memahami teknis perhitungan pajak PPh pasal 23 karena banyak factor yang dilibatkan terhadap prosesnya maka tujuan. Maka pada penelitian ini dibuatlah sebuah system  informasi perpajakan. Aplikasi system informasi Eazy Tax ini merupakan salah satu upaya untukmembantu masyarakat wajib pajak dalam kemudahan bertrabsaksi dan pembayaran pajak yang berbentuk informasi. Serta pengorganisasian data file yang sebelumnya masih di lakukan secara manual dengan cara pengumpulan dat melalui pengisian form yang telah disediakan oleh pihak administrasi. Hasil uji coba yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa perancangan dan implementasi aplikasi ini terdapat kesesuaian. Sedangkan untuk uji coba dari setiap fungsi  di dalam tombol sudah berfungsi dengan baik dan sesuai tujuan dari tombol yang menjadi funsi-fungsi yang terdapat didalamnya.

 

Vol. 6, No.12,juli 2009

Cetak Biru Pengembangan Tekhnologi Informasi dengan Penerapan Knowledge Management System di Perguruan Tinggi
(Wahyudi Hasyib)

                Pengembangan cetak biru pengembangan tekhnologi informasi di perguruan tinggi, merupakan salah satu strategi dalam memajukan proses bisnis di perguruan tinggi tersebut. Salah satu alternatife penerapan strategi bisnis tersebut yang menjadi dukungan pencapaian tujuan institusi adalah dengan mengedepankan knowledge management system (KMS). Terdapat tiga level organisasi dalam pelaksanaan suatu system perguruaan tinggi,yaitu level operasional,level manejrial dan level strategis. Berdasarkan system organisasi tersebut maka dapat disimpulkan proses knowledge management data antara tekhnologi informasi yang dapapat memfasilitasi proses tersebut. Dalam pengembangan IT sebagai tools pengembangan pengetahuan di perguruan timggi maka beberapa komponen-komponen utama yang perlu di perhatikan adalah sebagai berikut 1) Infrastruktur ;

2) Aplikasi ; 3) Informasi ; 4) Sumber daya manusia,kemudian dalam implementasi pengembangan TI dalam perguruan tinggi terdapat beberapa hal yang harus di perhatikan diantaranya : Keorganisasian dan Infrastruktur

Perancangan dan Implementasi Aplikasi Klasifikasi Koleksi Perpustakaan
(Lita Karlitasari, Aries Maesya)

Pengelompokan atau biasa  disebut klasifikasi bahan pustaka dilakukan dengan perpedoman pada suatu bagan klasifikasi, baik yang berbentuk angka (notasi relasi) maupun yang berbentuk kata-kata (verbal) yang biasa di sebut kata kunci untuk yang rumit dan mendalam atau tajuk subjek untuk yang singkat dan sederhana. Dalam mengklasifikasi bahan pustaka ada beberapa bagan klasifikasi yang bias digunakan antara lain DDC (Dewel Decimal Classification), LC Classification Number, UDC (Universal Decimal Classification). Bagan klasifikasi UDC adalah bagan klasifikasi internasional yang bisa dipakai untuk pengelompokan buku atau dokumen menurut subjek bidang kajian informasi  yang dimuatnya. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan mengimplementasikan aplikasi klasifikasi koleksi perpustakaan.

Analisis Model Fraktal Menggunakan Microsoft Visual Basic
(Arie Qur’ania, Daddy Rachman M)

                Dalam memodelkan objek dunia nyata dalam bentuk geometris, pohon di petakan kedalam koordinat Cartesian dua dimensi yang direpresentasikan dalam bentuk garis dan dipetakan  secara matematis. Pola pengurangan rekursif digunakan dalam perancangan fractal pohon, pengulangan tersebut dapat dilihat dimana pola yang selalu berulang yaitu pada pola pembentukan cabang pada pohon. Setelah dilakukan uji coba perbandingan input dan output yang mulai 6 tahap dengan nilai input yang berbeda pada setiap tahapnya, didapatkan bentuk pohon yang memiliki tinggi, lebar, sudut, dan jumlah cabang yang berbeda-beda dari setiap tahap uji coba. Selain itu juga fraktal pohon dapat menghsilkan bentuk lain yang memiliki nilai seni yang dipengaruhi oleh nilai jumlah cabang, nilain jumlah langkah dan nilai pad sudut cabang yang diinputkan oleh user.

 Perancangan dan Implementasi  Sistem Kontrol Otomati Lampu Penerang Ruangan Menggunakan sensor Gerak AMN 12111 dan Sensor cahaya Berbasis Mikrokonrrolleratmega 8
(Hasan Mayditia, R. Ilham Firnadi)

                Sistem  kontrol  otomatis lampu penerang ruangan dibuat dengan menggunakan sensor AMN12111, sensor LDR, led dan ATMega8L yang merupakan prototip hardwarenya. Dan bahasa pemprograman  C yang di compile menggunakan software CVAVR C Compiler. Pada system ini, pengontrol  otomatis lampu penerang ruangan agar dapat menyala dan mati dengan kondisi yang berbeda-beda, yaiti : pada keadaaan tidak ada gerakan lampu mati. Pada kondisi terdeteksi gerakan dan kondisi cahaya ruangan cukup  maka lampu tetap akan menyala. Sensor AMN12111 hanya mendeteksi gerakan manusia.sesuai dengan percobaan yang dilakukan AMN12111 hanya bereaksi terhadap gerakan tubuh manusia dan tidak mendeteksi benda mati. Dalam hal ini dicoba menggunakan botol minuman mineral.AMN12111 mempunyai kekuraangan diman amenurut datasheet AMN12111, sensor ini tidak akan mendeteksi dalam keadaaan tempratur ruangan dan objek yang bergerak adalah sama, effisien  dan efektif.

 Rancangan Dan Implementasi Sistem Portal / Palang Pintu Otomatis
(Tjut Awaliyah Z,  Suyatno, Bonar napitupulu)

Komputer dapat diaplikasikan sebagai alat pengontrol yang dapat dikomunikasikan dengan perangkat keras diluar computer ( Device Eksternal) dengan menggunakan komunikasi data tertentu. System ini dibuat pada pintu portal yang akan terbuka secara otomatis dan ditambahkan kamera untuk mengambil gambar kendaraan yang akan melalui pintu portal tersebut. Infrared berfungsi sebagai pendeteksi kendaraan yang akan melewat portal. Infrared tersebut  terhubung  dengan portal otomatis, kamera dan computer. Sehingga ketika terdeteksi ada kendaraan yang lewat, maka kamera langsung mengambil gambar kendaraan dan pintu portal akan terbuka secara otomatis. Dalam hal ini, pintu portal tersebut digerakan oleh perintah yang melalui port pararel computer. Kemudian pada akhir penelitian ini diharapkan kemudian dan kenyamanan bisa lebih terjamin.

Perbandingan Algoritme Fox dan Cannon untuk Perkalian Matriks menggunakan MPI
(Prihastuti Harsani)

Perkalian matriks merupakan salah satu masalah utama dalam perhitungan matriks. Terdapat beberapa algoritme pararel utuk melakukan operasi perkalian matriks ini. Beberapa diantaranya dilakukan berdasarkan pembagian blok checkerboard. Beberapa algoritme yang terkenal adalah algoritme Fox dan algoritme Cannon. Algoritme Cannon dan Fox adalah dua algoritme yang cukup sering digunakan dalam implementasi operasi matriksa. Dari hasil penelusuran dan implementasi diperoleh kesimpulan bahwa algoritme Fox lebih baik dalam waktu eksekusi proses pararelnya, ijauan tumbuhan, prediksi hasil panen,kondisi kekeringan.

  Perancangan Dan Implementasi Sistem Kontrol Suhu Ruangan Otomatis Menggunakan Sensor AMN12111 Dan Suhu LM35 Berbasis Mikrokontroler ATMEGA8
(Abdul Rachman, Hasan Mayditia)

                Sensor AMN12111 (sensor gerak) dan LM35 (sensor suhu) digunakan sebagai masukan untuk menyalakan kipas 12V (fan) yang akan di olah oleh system mikrokontroler AVR ATmega8. Oleh karena itu, system yang dibuat dapat bekerja secara otomatis sehingga dapat membantu dalam mempertahankan suhu ruangan serta dapat melakukan penghematan enrgi. Berdasarkan uji coba validasi system telah bekerja sesuai dengan system dan flowchart yang dibuat yaitu ketika ada gerakan dan suhu memenuhi syarak ketika suhu di bawah batas atas suhu yang ditentukan maka kipas akan bergerak. Batas suhu atas yang ditentukan adalah 63 derajat celcius hal ini terjaadi karena dipengaruhi oleh panas yang dihasilkan oleh komponen yang terdapat didaklam ruangan miniatur serta kaca fiber yang mempunyai efek seperti efek rumah kaca. 

 

Vol. 7 No. 1 Januari 2010

Sistem Penunjang Keputusan Dalam Penentuan Alternatif Pengelolaan Kawasan Karst Maros-PangkepSecara Berkelanjutan Menggunakan Analitychal Hierarchy Process (AHP)
(Rachman Kurniawan, Eriyatno, Rukman Sardjadidjaja, Alinda F.M. Zain)

Kawasan Karst Maros-Pangkep (KKMP) memiliki tipe karst menara (tower karst) yang sangat khas terletak di Kabupaten Maros dan Kabupaten Pengkep Sulawesi Selatan, merupakan salah satu kawasan karst yang direkomdasikan menjadi kawasan alam warisan dunia (natural word heritage, NWH). Secara umum kawasan ini dan kawasan karst lainnya hanya dikenal sebagai kawasan yang memiliki potensi bahan galian untuk bahan bangunan dan bahan baku semen. Sesungguhnya kawasan ini juga memiliki potensi lain yang tidak kalah penting, yaitu nilai ekonomi seperti lahan pertanian, obyek wisata alam dan penambangan, nilai social budaya seperti situs arkeologi dan areal peribadatan, serta nilai jasa lingkungan (environmental services) seperti sumberdaya air, keanekaragaman hayati da keunikan bentang alam. Oleh karena itu, pengelolaaan KKMP perlu dilakukan dengan memperhatikan kelestariannya guna menjaga kelangsungan jasa lingkungan yang ada. Kompleksitas pengelolaan KKMP tersebut memerlukan penentuan strategi berdasarkan berbagai keahlian. Pemanfaatan keahlian pakar dapat membantu menentukan alternative pengelolaan KKMP secara berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan menentukan alternative pengelolaan KKMP berdasarkan preferensi pakar. Preferensi pakar dilakukan terhadap 15 pakar dari instansi pemerintah, perguruan tinggi dan Lembaga Swadaya Masyarakat. Preferensi pakar ini dikaju menggunakan Analitycal Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan alternative prioritas pengelolaan KKMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemerintah masih merupakan actor yang paling berperan dalam proses penentuan dan pelaksanaan dan pengelolaan KKMP. Selain itu diperlukan upaya untuk mendorong KKMP menjadi NWH dengan membentuk badan pengelola kawasan secara khusus berdasarjan kerjasama antar pemerintah daerah menggunakan system pengelolaan berkelanjutan yang memperhatikan keseimbangan antara pencapaian tujuan kelestarian lingkungan, peningkatan ekonomi dan kestabilan social-budaya masyarakat. Hal ini akan bermanfaat sebagai masukan bagi penyusun kebijakan system pengelolaan KKMP secara berkelanjutan.

Solusi Sistem E-learning Secara Offline Pada Bank Abc Sebagai Pengganti Class Room Training
(Endang Ayu Susilawati)

Sistem elearning pada Bank ABC merupakan system yang dirancang untuk menggantikan class room training yang akan menghemat pengeluaran biaya akomodasi Perusahaan. Pada penulisan ini dibahas system elearning yang menjadi solusi bagi Bank ABC dalam memanfaatkan teknologi internet yang terbatas terutama bagi cabang Bank ABC yang berada diluar pulau Jawa. Akses internet digunakan untuk sinkronisasi hasil pembelajaran offline pada Learning Management System (LSM).

Sistem Informasi Geografis Untuk Lokassi Dan Alokasi Kawasan Permukiman Di Daerah Aliran Sungai (das) Ciliwung Hulu Kabupaten Bogor
(Indarti Komala Dewi, Surjono H Sutjahjo, Kholil, dan Hadi Susilo Arifin)

Geografic Information System (GIS) is able to support strategic spatial planning process with several ways. Its able to capture, storage, retrieval, analyse and display of spatial data or information defined by its location. Various studies have been reported the application of GIS to evaluate land used planning. In these case, GIS was applied to define location suitable area for settlement. Ciliwung watershed is one of several critical watershed in West Java Province. Degradation of the  settlement upper stream of the watershed functions was caused by land use changed  from forest  or agriculture land to settlement utilization. These condition caused carrying capacity of upper stream of the watershed decreased, Location and allocation analiysis of suitable settlement area is very important as primary step of improved the carrying capacity of upper stream of the watershed. The objective of the research is to assess suitable area for settlement in the upper stream of Ciliwung watershed. Research method used GIS for analysis of suitable area for settlement. The result of the research was showed that suitable area for settlement is 19,89% of the upper stream of Ciliwung watershed area.

Pemodelan Dan Simulasi Sistem Inventori (studi kasus Pt Indographica Bogor)
(Eneng Tita Tosida, Puri Indrawati)

Sistem persediaan sebagai penunjang kemajuan perusahaan perlu dikelola secara optimal, salah satu caranya adalah dengan mengatur kapasitas persediaan tiap periode. Pengaturan kapasitas dapat dilakukan dengan cara melakukan pemodelan dan simulasi system persediaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang model dan simulasi system inventorymenggunakan Visual Slam dan Awesim. Studikasus  di PT. Indographica Bogor. Pemodelan dan simulasi system inventory di  PT. Indographica dilakukan melalui berbagai tahapan pengenalan ilmiah yaitu system real, data system, model abstrak, model simulasi, proses validasi dan eksperimentasi. Rancangan model system inventory diimplementasikan dengan Visual Slam dan Awesim berdasarkan asumsi dengan parameter yang ditentukan. Model system inventory dibagi menjadi dua bagianyaitu model yang mewakili kedatangan pelanggan dan model dan inventory. Model system ini divalidasi dengan berbagai tahapan yaitu melalui Echo Report, Intermediate Report dan Summary Report. Eksperimentasi dilakukan dengan melibatkan perubahan variable input INV_POS, REORDER_PT untuk beberapa kondisi dan nilai Lead Time.

Analisis Sistem Informasi Laboratorium Berorientasi Obyek Di Lingkup Laboratorium D3 Komputer
(Lita Karlitasari)

Sistem Informasi Laboratorium yang di buat sesuai dengan factor keadaan Laboratorium D3 Komputer FMIPA Universitas Pakuan. Sistem tersebut dibuat dengan berorientasi obyek. Hal tersebut dikarenakan sebuah obyek dapat menggambarkan sesuatu yang nyata, seperti orang ataupun konseptual. Dengan menggunakan konsep Object Oriented Analysis Design, Sistem yang di8gambarkan akan mudah dipahami oleh o9byek-obyek yang terkai. Terlebih lagi dengan penggambaransecarea visual dengan menggunakan diagram UML yang diuraikan menjadi beberapa diagram, yaitu Diagram use Case, Diagram Activity, Diagram Class, Diagram Sequential, Diagram Package, dan Diagram Deployment.Dengan demikian Analisa Sistem InformasiLaboratorium berbasis obyek dapat menjelaskan kegiatan yang terjadi di Laboratorium D3, serta mudah dipahami oleh pihak-pihak yang terkait.

Learning Management System Berbasis Synchronous E-Learning
(Aries Maesya, S.Kom)

Saat ini e-Learning telah menjadi sebuah kebutuhan bagi sivitas akademika, mengingat dosen, mahasiswa maupun institusi pendidikan lainnya telah memiliki sarana dan prasarana yang cukup untuk mengimplementasikan TIK dalam proses pembelajaran. Perubahan paradigm strategi pembelajaran dari teacher-centered ke learner-centered mendorong sivitas akademika untuk menggunakan e-Learning sebagai salah satu metode pembelajaran. Synchronous learning merupakan interaksi yang berorientasi pada pembelajaran dan difasilitasi dengan intruks- intruksi secara langsung, real-time dan biasanya terjadwal.Learning Management System (LMS) berbasis Synchronous e-learning dapat berja;lan dengan baik jika interaksi dan kolaborasi diantara pihak yang terlibat (yaitu pelajar dan pembelajar) berjalan secara terkendali dan dinamis.

Penerapan Logika Fuzzy Pada Pemantauan Kualitas Proses Produksi
(Muhammad Asyhar Agmalaro)

Pemantauan kualitas suatu proses produksi dalam dunia industry telah lama dilakukan menggunakan pendekatan statistical process control. Melalui pendekata statistical processcontrol, pemantauan proses produksi dilakukan dengan menggunakan suatu alatbantu yang dinamakan dengan control chart. Control chart akan menghasilkan keputusan untuk memberhentikan proses produksi apabila terdapat identifikasi yang menunjukkan tanda-tanda penyimpangan autoout-of- control saat proses produksi sedang berlangsung. Keputusan pemberhentian tersebut terrkadang menimbulkan ketidakjelasan yang menyebabkan tidak jarang proses produksi menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu, sangat diperlukan suatu pendekatan lain seperti teori fuzzy untuk mencoba memecahkan masalah tersebut.